Manfaat Mentimun

Ketimun (Cucumis sativus L) ternyata bukan hanya untuk lalapan atau buah rujak yang paling sederhana. Buah hijau muda ini ternyata berfungsi sebagai obat dan bahan kosmetika tradisional yang sangat ampuh dan telah terbukti.
Dengan kandungan protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, C dan E, ketimun dapat berguna untuk kesehatan dan kecantikan.
Di bawah ini beberapa khasiat ketimun diantaranya adalah:
1. Ketimun yang kaya akan serat berguna untuk melancarkan buang air besar, menurunkan kolesterol, dan menetralkan racun.

2. Ketimun memiliki kandungan kalium yang tinggi, memiliki khasiat meringankan penyakit hipertensi, terutama terhadap natrium seperti garam dapur, vetsin atau soda kue.

3. Ketimun dapat memberikan rasa sejuk dalam mulut untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan atau luka sariawan.

4. Irisan ketimun dapat membuat mata terlihat cerah dan berbinar. Kantung mata akibat mata lelah dan kurnag tidur juga dapat dihilangkan. Caranya, tempelkan saja irisan timun selama 20 menit pada tiap kelopak mata.

5. Ketimun dapat memperlancar buang air kecil sehingga dapat mengurangi beban kerja jantung dan menurunkan tekanan darah.

6. Ketimun adalah bahan penyegar yang dingin, obat pembersih dan pelembab sekaligus bagi semua jenis kulit wajah. Irisan ketimun maupun sari ketimun dapat ditempelkan pada wajah secara rutin untuk menghambat hadirnya keriput dan membuat kulit makin halus lembut.

7. Ketimun terkenal efektif menghilangkan jerawat ringan. Tempelkan irisan ketimun di bagian wajah yang berjerawat.

8. Ketimun yang sifatnya dingin, dapat juga dipakai untuk mengobati gigitan serangga, gatal-gatal karena tumbuhan dan ‘memadamkan' kulit yang terbakar matahari. Bagian tubuh yang tersiram air panas-pun jika dibalut dengan parutan daging ketimun, akan dengan cepat terobati

 
Disclaimer : Semua informasi yang terdapat pada situs ini adalah untuk tujuan informasi saja, dan disajikan berdasarkan statistik dan pengalaman pribadi. Untuk web Bisnis Online, Semua peraturan baik sistem maupun lainnya selalu mengacu pada kebijakan dan ketentuan dari website resmi masing-masing perusahaan. Apabila berminat maka setiap keputusan yang telah Anda buat semuanya kembali kepada Anda sendiri. Kami tidak menyarankan Anda mendanai lebih dari kemampuan. www.zaenalfanani.com