Home » , » Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan

Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan

Tentunya anda sudah tidak asing dengan Temu Lawak , dan manfaat Temu Lawak untuk kesehatan. Temu Lawak mempunyai nama ilmiah Curcuma xanthorhiza .Dari bentuk, rupa dan aromanya anda akan dapat membedakan mana Temu Lawak mana yang bukan Temu Lawak. Dari segi manfaat juga sudah dikenal khasiatnya bagi kesehatan antara lain untuk : kesehatan hati (hepar), penyakit ginjal, demam, penyakit kuning (hepatitis), gangguan pada getah empedu, dan beberapa masalah manfaat lain.
Manfaat temulawak untuk kesehatan, sebenarnya telah lama diketahui secara empiris dan pengalaman turun-menurun dari nenek moyang. Sejak dulu temulawak digunakan sebagai obat penurun panas, merangsang nafsu makan, mengobati sakit kuning, diare, mag, perut kembung, dan pegal-pegal. Terakhir juga diketahui temulawak bisa menurunkan lemak darah, menghambat penggumpalan darah sebagai antioksidan, dan memelihara kesehatan dengan meningkatkan daya imun. Beberapa manfaat tersebut kemudian akhirnya terbukti secara klinis.
Dalam dunia komersial, temulawak juga biasa digunakan sebagai bahan baku dalam beberapa industri minuman : bir temulawak, temulawak instan, Industri obat/ jamu tradisional , Industri bumbu dapur.

Kurkumin sebagai zat Antioksidan
Daging buah (rimpang) temulawak mengandung beberapa senyawa kimia, antara lain minyak atsiri fellandrean dan turmerol, kamfer, glukosida, foluymetik karbinol, dan kurkumin. Kurkumin diketahui sebagai kandungan yang banyak memberi manfaat, terutama sebagai anti hepototoksik dan antioksidan.

Uji Klinis Kurkumin
Sebuah uji klinis yang tidak begitu besar telah dilakukan di Tanah Air untuk melihat manfaat kurkumin dalam memperbaiki fungsi hati. Studi ini melibatkan sekitar 38 pasien gangguan hati atau memiliki nilai SGPT dan SGOT di atas normal dari 5 area (Bogor, Bandung, Semarang, Solo, Surabaya, Palembang dan Jakarta). Pasien diberikan gabungan kurkumin 25 mg, essential phospholipid 100 mg, dan vitamin E 100 mg. Studi ini menggunakan metoda seeding trial atau tanpa pembanding. Pengamatan dilakukan oleh sekitar 20 peneliti dalam periode Juli-Desember 1998.

Adapun parameter yang digunakan adalah nilai SGPT dan SGOT. SGPT merupakan enzim yang diproduksi oleh hepatocytes, jenis sel yang banyak terdapat di liver. Kadar SGPT dalam darah akan meningkat seiring dengan kerusakan pada sel hepatocytes yang bisa terjadi karena infeksi virus hepatitis, alkohol, obat-obat yang menginduksi terjadinya kerusakan hepatocytes, dan sebab lain seperti adanya shok atau keracunan obat.
Nilai SGPT yang dianggap normal adalah 0 – 35 unit per liter (u/l). Peningkatan nilai SGPT 50 kali dari normal menandakan rendahnya aliran darah pada hati, hepatitis, atau kerusakan sel hati yang disebabkan oleh obat/senyawa kimia seperti CCl4. Peningkatan nilai SGPT ringan sampai sedang dapat disebabkan oleh adanya hepatitis, sirosis, kanker pada hati dan alkohol. Terkadang pada sirosis hanya terjadi peningkatan nilai SGPT 2-4 kali dari nilai normal.

Sementara SGOT banyak dijumpai pada organ jantung, hati, otot rangka, pankreas, paru-paru, sel darah merah dan sel otak. Saat sel organ tersebut mengalami kerusakan, maka SGOT akan dilepaskan dalam darah. Alhasil saat pengukuran akan terlihat korelasi besarnya atau tingkat keparahan sel yang terjadi. Nilai normal SGOT berkisar dari 3 - 45 unit per liter (u/l). Peningkatan nilai SGOT ini dapat disebabkan oleh adanya hepatitis C. Pada hepatitis akut, peningkatan bisa terjadi hingga 20 kali nilai normalnya.

Hasil studi menunjukkan, berdasarkan perhitungan statistik, terjadi penurunan nilai SGOT dan SGPT yang signifikan. Setelah 14 hari terapi, penurunan nilai SGOT dari total pasien mencapai hingga 2,89 kali, sedangkan untuk SGPT mencapai 3,28 kali dibandingkan sebelum pengobatan. Hasil yang tidak berbeda jauh juga ditemukan pada individu yang menderita hepatitis dan non hepatitis. Pasien hepatitis mengalami penurunan SGOT sebanyak 3,48 kali dan SGPT sebanyak 3,82 kali, dibandingkan sebelum pengobatan. Sedang pada individu non hepatitis, terjadi penurunan SGOT sekitar 1,91 kali dan SGPT sebanyak 2,15 kali.

Hingga kini, telah banyak studi yang dilakukan untuk mencoba mereguk manfaat lain dari umbi berharga ini. Studi yang tengah gencar dilakukan adalah untuk melihat manfaat kurkumin sebagai antitumor guna mengobati penyakit kanker. Sejumlah laporan menunjukkan, kurkumoid termasuk kurkumin memiliki aktivitas kemopreventif dan kuratif melawan kanker. Studi tersebut umumnya dilakukan pada hewan percobaan dengan rute pemberian berbeda dan diuji dengan sistem in vitro. Namun sedikit studi juga telah mulai dilakukan belakangan ini pada manusia.
Manfaat lain yang juga tengah diincar dari kurkumin adalah penghambatan replikasi human immunodeficiency virus (HIV). Sebuah studi menunjukkan, kurkumin menghambat tahap fusion sel virus pada siklus replikasi HIV. Berbagai studi terus dilakukan untuk mencari titik terang. Jika semua terbukti secara klinis, maka tanaman yang mengandung kurkumin akan semakin kaya manfaat. Dan Indonesia tentu akan bangga karena tanaman itu adalah asli dari Bumi Pertiwi.
Barangkali yang menjadi pertanyaan bagaimana mendapatkan Temu Lawak ini. Anda bisa meramu sendiri, atau kalau tidak mau repot bisa Anda dapatkan di warung atau toko terdekat dengan rumah Anda.

Artikel Terkait

Comments :

2 komentar to “Manfaat Temu Lawak Untuk Kesehatan”
Ichwana mengatakan...
on 

terima kasih atas infonya..
kunjungi juga blog saya http://blog.unand.ac.id/ichwana terima kasih

ETERIS NUSANTARA mengatakan...
on 

Kami menjual minyak atsiri/ Essensial Oil murni tanpa campuran sebagai parfume, aroma terapi, dll. Tersedia:
Minyak Adas (Feuniculli Oil)
Minyak Akar Wangi (Vetiver Oil)
Minyak Akasia (Cassia Oil)
Minyak Anis (Anise Oil)
Minyak Bangle (Zingiber purpureum Oil)
Minyak Bergamot (Bergamot Oil)
Minyak Bulus
Minyak Bunga Cengkeh (Clove Bud Oil)
Minyak Bunga Matahari
Minyak Cendana Kupang (Kupang Sandalwood Oil)
Minyak Cendana Papua (Papua Sandalwood Armyris)
Minyak Citrus (Citrus Oil)
Minyak Coklat (Cacao Oil)
Minyak Daun Cengkeh (Clove Leaf Oil)
Minyak Daun Jeruk Purut (Kaffir Lime Oil)
Minyak Dlingu (Calamus Oil)
Minyak Eucaliptus
Minyak Floral (Floral Oil)
Minyak Gagang Cengkeh (Clove Stem Oil)
Minyak Gandapura (Wintergreen Oil)
Minyak Gingseng
Minyak Habatussadah
Minyak Jahe (Fresh Ginger Oil)
Minyak Jarak (Castor Oil/ Oleum Ricini)
Minyak Jeruk Lemon
Minyak Jeruk Nipis
Minyak Jeruk Orange
Minyak Jinten (Black Cummin Oil)
Minyak Jojoba
Minyak Kamboja (Frangipani Oil)
Minyak Kanthil (Magnolia Oil)
Minyak Kapulaga (Cardamom Oil)
Minyak Kayu Manis (Cinnamon Oil)
Minyak Kayu Putih (Cajupot Oil
Minyak Kelapa Murni (Virgin Coconut Oil)
Minyak Kemangi Eropa (Sweet Basil Oil)
Minyak Kemangi Hutan (Shrubby basil Oil)
Minyak Kemangi Sayur (Basil Oil)
Minyak Kemiri
Minyak Kemukus (Cubeb Oil)
Minyak Kenanga (Cananga Oil)
Minyak Kencur (Caemferia Galanga Oil)
Minyak Ketumbar (Coriander Oil)
Minyak Kilemo (Litsea Cubeba Oil)
Minyak Kopi (Coffee Oil)
Minyak Krangean Cubeb Linea Oil)
Minyak Kunyit (Turmeric Ol)
Minyak Kunyit Putih (Caferia Rotunda Oil)
Minyak Lada Hitam (Black Pepper Oil)
Minyak Lavender (Lavender Oil)
Minyak Lengkuas (Alpina Galanga Oil)
Minyak Lily (Lily Oil)
Minyak Massoi (Massoi Bark Oil)
Minyak Mawar (Rose Oil)
Minyak Melati (Jasmine Oil)
Minyak Mint (Peppermint Oil)
Minyak Nilam (Patchaoli Oil)
Minyak Pala (Nutmerg Oil)
Minyak Panili (Vanili Oil)
Minyak Pini
Minyak Sedap Malam (Tuberose Oil)
Minyak Selasih (Ocinum bas. grasst. Oil)
Minyak Sereh Dapur (Lemongrass Oil)
Minyak Sereh Wangi (Citronella Oil)
Minyak Sirih (Piper Betle Oil)
Minyak Strawbery (Strawberry Oil)
Minyak Tea Tree (Tea Tree Oil)
Minyak Temu Ireng (Curcuma Aeroginosa Oil)
Minyak Temu mangga (Curcuma Mangga Oil)
Minyak Temulawak (Curcuma Xanthoriza Oil)
Minyak The hijau (Green Tea Oil)
Minyak Wijen (Sesame Oil)
Minyak Ylang-Ylang (Ylang-Ylang Oil)
Minyak Zaitun (Olive Oil)
Minyak Zodia (Zodia Oil)
Sweet Orange Oil
Oleoresin Bawang Putih
Oleoresin Cabe
Oleoresin Jahe
Oleoresin Daun Kemangi
Oleoresin Kunyit
Oleoresin Daun Kumis Kucing
Oleoresin Daun Mimba
Oleoresin Daun sambiloto
Oleoresin Daun Seledri
Oleoresin Daun Sirsak
Oleoresin Daun Tempuyung
Oleoresin Sirih Hijau
Oleoresin Sirih Merah
Oleoresin Temu Lawak
Dll (Sesuai Pesanan)
www.eterisnusantara.co.id
eterisnusantara@yahoo.com
02743009181
085729611636 (Mobile)
CS: 9246001 (Hanya Melalui SMS)
Kami online selama 24 jam 7 hari seminggu

 
Disclaimer : Semua informasi yang terdapat pada situs ini adalah untuk tujuan informasi saja, dan disajikan berdasarkan statistik dan pengalaman pribadi. Untuk web Bisnis Online, Semua peraturan baik sistem maupun lainnya selalu mengacu pada kebijakan dan ketentuan dari website resmi masing-masing perusahaan. Apabila Anda berminat maka setiap keputusan yang telah Anda buat semuanya kembali kepada Anda sendiri. Kami tidak menyarankan Anda mendanai lebih dari kemampuan. www.zaenalfanani.com


Mau Cara Langsing Dengan Herbal Alami ? Singlangsing Gold, cara cepat aman dan sehat menurunkan berat badan Anda. Info selengkapnya

Daftar Sekarang | Beli saham e-money Founderpay | ROI 160% dalam 2 bulan | ROI dibayarkan harian dan bisa Wd harian minimal $5 | Konsepnya mengadopsi sistem MMM, Megawin
founderPay, e-money, ROI Harian
Viralgen Alassakti
Rebahkan tubuh Anda di atas Alas Sakti dan Rasakan Kesaktiannya dalam 10 menit atau kurang

Clixsense.com
Per kliknya Anda dibayar dengan dollar

OTOMATISASI BISNIS ONLINE
Temukan Cara Paling Cepat dan Mudah Untuk Memulai Bisnis Online Dalam 45 Menit... dan Profit Hari Ini Juga! Temukan di asetvirtual

Slapia Jam Tangan Modis
Jam tangan slapia adalah jam tangan modis model baru warna warni yang sangat booming dan digemari di Eropa dan USA. Yang membuat jam ini begitu disukai adalah karena cara pakainya yang unik dan menyenangkan.

Supexteam
Peluang bisnis tanpa iuran bulanan Investasi hanya sekali seumur hidup Dibayar Harian

Uangdownload
Rahasia Menghasilkan Uang dari Hobby Download