Press Release Country Director PT. SkyWay Technologies Indonesia

Hal  : Siaran Pers
Tanggal  : 8 Maret 2018
Nomor Surat  : PR/2018/03/001
Sehubungan dengan pemberitaan di media online yang menyiarkan tentang Daftar Investasi Bodong yang dikeluarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan, dimana didalam daftar tersebut terdapat nama SkyWay Capital yang merupakan perusahaan partner dari SkyWay Technologies, Co yang merupakan sister company kami di Belarus, maka dengan ini kami PT. SkyWay Technologies Indonesia, memandang perlu untuk menyampaikan informasi terkait dengan beberapa hal sebagai berikut:
1. Secara legal, kami tidak mempunyai hubungan hukum langsung dengan SkyWay Capital, namun demikian SkyWay Capital merupakan perusahaan partner afiliasi dari SkyWay Technologies, Co, suatu perusahaan pengembang inovasi teknologi transportasi SkyWay, yang dalam hal ini SkyWay Technologies, Co dan PT. SkyWay Technologies Indonesia adalah satu perusahaan induk, yaitu Global Transport Investment, Inc.
2. Sepanjang pengetahuan kami, SkyWay Capital merupakan perusahaan yang berpusat di Belarus dengan kegiatan utamanya adalah sebagai pengelola investasi dan penyedia platform online bagi para investor di seluruh dunia yang tertarik untuk mendukung perkembangan teknologi transportasi ramah lingkungan, yaitu SkyWay Technologies. Saat ini masyarakat dunia sudah dapat melihat secara langsung hasil inovasi dibidang infrastruktur transportasi ramah lingkungan ini di SkyWay EcoTechnoPark di Maryna Gorka, Belarus.
3. Keberadaan SkyWay Capital merupakan terobosan baru dibidang pembiayaan infrastruktur transportasi yang dalam kegiatannya melibatkan peran serta aktif masyarakat untuk tidak sekedar menikmati pembangunan infrastruktur transportasi namun juga menjadi pemilik dari teknologi transportasi tersebut, hal ini pada dasarnya dapat dijadikan terobosan bagi suatu Negara agar pembiayaan pembangunan infrastruktur transportasinya tidak tergantung dari Anggaran Negara, sehingga masayarakat dapat secara mandiri dan langsung berpartisipasi untuk mewujudkan infrastruktur transportasi yang lebih baik.
4. Investor yang tergabung dalam SkyWay Capital ini tidak hanya dari Belarus, namun secara luas berasal dari berbagai negara. Mereka (red: angel investor) yang peduli terhadap inovasi SkyWay Technologies ini secara langsung menghimpun dananya melalui sebuah platform khusus yang dibuat dan dikelola oleh mereka. Kampanye perlindungan lingkungan bagi mereka tidak cukup hanya disuarakan dalam seminar-seminar, namun perlu wujud nyata dalam bentuk partisipasi secara bersama-sama untuk mewujudkan transportasi yang menyelamatkan bumi, transportasi “hijau”.
5. Selain itu kami juga menyambut baik rencana SkyWay Capital yang akan membuka Representative Office di Indonesia seiring berkembangnya proyek infrastruktur SkyWay di Indonesia. Pendaftaran Representative Office di BKPM dan pertemuan dengan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia ini diharapkan menandai babak baru bagi bangsa Indonesia untuk lebih dapat terinspirasi dan belajar bersama mengenai model crowdfunding bagi proyek infrastruktur yang mandiri dan melibatkan partisipasi masyarakat.
6. Kami sepenuhnya menyadari bahwa ketiadaan Representative Office SkyWay Capital di Indonesia hingga saat ini menjadi pertanyaan besar bagi sebagian besar calon investor yang tertarik dengan proyek pengembangan inovasi. Namun karena platform ini dibuat dan dikelola khusus untuk membiayai proyek inovasi di Belarus maka bagi masyarakat internasional yang tertarik untuk itu hanya dapat mengetahui seluk beluknya melalui internet, kecuali mereka yang secara langsung berkunjung dan menyaksikan karya inovasi tersebut di Belarus. Investasi dengan model crowdfunding internasional semacam ini pada dasarnya sangat menguntungkan bagi investor maupun pemerintah, namun keterbatasan pemahaman masyarakat kita dan simpang siurnya informasi di dunia maya terkadang berujung pada kesimpulan negative atau black campaign terhadap suatu produk.
7. Berdirinya PT. SkyWay Technologies Indonesia pada tahun Agustus 2017 disambut baik oleh segenap elemen bangsa, baik dari pemerintah (Kementerian Perhubungan, Asosiasi Kepala Daerah, dan juga beberapa Kepala Daerah), Komite Ekonomi dan Industri Nasional RI, akademisi (Universitas Indonesia, LAPI ITB, dan Universitas Gadjah Mada), BUMN, maupun swasta yang bergerak dibidang transportasi. Keberadaan SkyWay Technologies di Indonesia saat ini diharapkan mampu menjawab persoalan transportasi yang ada. Dari sisi biaya, teknologi yang ditawarkan juga jauh lebih terjangkau dibanding moda transportasi lainnya. Dari sisi pembiayaan, saat ini kami juga berupaya untuk membuat skema pembiayaan infrastruktur non APBN (PINA) yang dalam hal ini kami berharap pembangunan infrastruktur transportasi SkyWay tidak mengganggu anggaran negara maupun anggaran daerah.
8. Saat ini, untuk proyek-proyek SkyWay Technologies di Indonesia, kami sedang menginisiasi terbentuknya sebuah wadah Koperasi bagi masayarakat yang khusus untuk mendukung proyek infrastruktur transportasi. Dengan wadah ini kami berharap ketertarikan masyarakat untuk mewujudkan transportasi yang lebih baik dapat terwujud dan disisi lain bagi mereka juga mendapatkan manfaat yang lebih dari sisi finansial. Inisiasi hingga saat ini sedang kami konsultasikan dengan beberapa pihak baik dengan pemerintah, akademisi, maupun civil society seperti Yayasan Desa Emas, Dompet Dhuafa, dan Muhammadiyah. Berbagai pertemuan resmi dan penandatangan Nota Kesepahaman dengan berbagai kalangan tersebut merupakan langkah awal kami untuk merealisasikan kemajuan transportasi di Indonesia.
9. Dalam proses inisiasi ini, beberapa tahapan telah kami lalui termasuk yang terakhir kami sudah memaparkan teknologi dan alternative konsep pembiayaan ini di Rapat Kelompok Kerja Industri Desa Komite Ekonomi dan Industri Nasional Republik Indonesia pada tanggal 31 Januari 2018.
Sehingga dengan ini kami menegaskan kembali secara singkat bahwa:
1. PT. Skyway Technologies Indonesia adalah perusahaan yang mengimplementasikan Skyway Technologies di Indonesia dan bukan merupakan perusahaan investasi.
2. PT. Skyway Technologies Indonesia adalah perusahaan yang berbeda dengan Skyway Capital.
3. Skyway Capital merupakan rekan perusahaan investasi resmi dari Skyway Technologies,Co  yang menggunakan metode crowdfunding sebagai salah satu sumber dana investasi untuk tujuan riset dan pengembangan teknologi SKyWay dan mewujudkan proyek pengembangan Skyway EcoTechnoPark di Maryna Gorka, Belarus.
4. Sepanjang pengetahuan kami, hingga pemberitaan ini dibuat, Skyway Capital sedang dalam proses melakukan perijinan untuk membuka Representative Office di Indonesia.
Kami sangat mengapresiasi tindakan Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia untuk menghimbau masyarakat agar waspada terhadap investasi bodong, yang bisa saja memanfaatkan Teknologi kami atau platform SkyWay Capital itu sendiri, sehingga dalam hal ini kami secara resmi menyampaikan bahwa segala informasi online yang berhubungan dengan SkyWay Technologies maupun SkyWay Capital hanya ada di:
SkyWay Technologies Group
Global Transport Investment, Inc & RSW SYSTEMS : www.rsw-systems.com
Skyway Technologies Co. (Project) : http://www.sw-tech.by/
PT. Skyway Tech. Indonesia : http://www.skywayindonesia.com/
Crowd-Investment Partners 
FIRST FIRST SKYWAY INVEST GROUP LTD (SKYWAY CAPITAL) : https://skyway.capital
SKYWAY INVEST GROUP (SWIG ) : https://skywayinvestgroup.com
Kami harap dengan adanya pemberitaan ini, masyarakat lebih dapat mengetahui bagaimana posisi dan status perusahaan kami, PT. SkyWay Technologies Indonesia dan hubungannya dengan SkyWay Capital serta dapat terhindar dari para scammers dan iming-iming investasi bodong yang mengatasnamakan SkyWay.
Bangun SkyWay, Selamatkan Planet!
Madinatul Fadhilah
Country Director
PT. SkyWay Technologies Indonesia
Menara BCA 50th floor
Jl. MH. Thamrin No.1
Jakarta Pusat 10310
Indonesia
T: +6221 2358 5755
F: +6221 2358 4401
E: info@skywayindonesia.com
www.skywayindonesia.com


 
.