.

Kelor Tanaman Ajaib

Kelor, pohon kelor atau moringa oleifera (nama ilmiah) nya adalah salah satu tanaman yang paling luar biasa yang pernah ditemukan. Hal ini mungkin terdengar sensasional, namun faktanya memang Kelor terbukti secara ilmiah merupakan sumber gizi berkhasiat obat yang kandungannya diluar kebiasaan kandungan tanaman pada umumnya.  Sehingga Kelor diyakini memiliki potensi untuk mengakhiri kekurangan gizi, kelaparan, serta mencegah dan menyembuhkan berbagai penyakit di seluruh dunia.  Kelor benar-benar tanaman ajaib, dan karunia Tuhan sebagai sumber bergizi dan obat penyembuhan bagi umat manusia.

Andrew Young, mantan Walikota Atlanta dan Duta Besar Amerika, menyebutkan: “Moringa shows great promise as a tool to help overcome some of the most severe problems in developing world-malnutrition, deforestation, impure water and proverty. The tree does best in the dry regions where these problem a worst.”

Pada tahun 1999, adalah Fuglie LJ yang pertama kali mempublikasikan hasil penelitiannya yang mengejutkan dunia tentang kandungan nutrisi Kelor dan tertuang dalam buku “The Miracle Tree: Moringa oleifera: Natural Nutrition for the Tropics” (Church World Service, Dakar. 68 pp.;).  Buku yang memicu gelombang penelitian ilmiah lanjutan tentang Kelor ini, kemudian direvisi tahun 2001 dan dipublikasikan kembali dalam judul :  “The Miracle Tree: The Multiple Attributes of Moringa”.

Menurut hasil penelitiannya, daun Kelor ternyata mengandung vitamin A, vitamin C, Vit B, kalsium, kalium, besi, dan protein, dalam jumlah sangat tinggi yang mudah dicerna dan diasimilasi oleh tubuh manusia. Bahkan, seperti tampak pada Gambar 1. (Perbandingan Nutrisi Daun Kelor Segar dan Serbuk, dengan beberapa sumber nutrisi lainnya), jumlahnya berlipat-lipat dari sumber makanan yang selama ini digunakan sebagai sumber nutrisi untuk perbaikan gizi di banyak belahan negara. Tidak hanya itu, Kelor pun diketahui mengandung lebih dari 40 antioksidan. Kelor dikatakan mengandung 539 senyawa yang dikenal dalam pengobatan tradisional Afrika dan India (Ayurvedic) serta telah digunakan dalam pengobatan tradisional  untuk mencegah lebih dari 300 penyakit.

Gambar 1: Perbandingan Nutrisi Daun Kelor Segar dan Serbuk, dengan beberapa sumber nutrisi lainnya.  (Diolah dari : Fuglie LJ (1999) The Miracle Tree: Moringa oleifera: Natural Nutrition for the Tropics. Church World Service, Dakar. 68 pp.; revised in 2001          and published as The Miracle Tree: The Multiple Attributes of  Moringa, 172 pp.)

Dr Gary Bracey, seorang penulis, pengusaha, motivator, dan ahli kesehatan di Afrika, mempublikasikan dalam moringadirect.com, bahwa serbuk daun Kelor mengandung :

    15 kali Kalium yang terkandung dalam pisang,
    10 kali Vitamin A yang terkandung dalam Wortel
    4 kali Beta Carotene yang terkandung dalam Wortel,
    25 kali Zat Besi yang terkandung dalam bayam,
    17 kali Kalsium dan 2 kali Protein yang terkandung dalam Susu,
    9 kali Protein yang terkandung dalam Yogurt,
    6 kali Zinc yang terkandung dalam almond,
    5 kali Serat (Dietary Fiber) yang terkandung dalam sayuran pada umumnya,
    6 kali Asam Amino yang terkandung dalam bawang putih,
    100 kali GABA (gamma-aminobutyric acid) yang terkandung dalam beras merah,
    2 kali Phenol Poly terkandung dalam Red Wine,
    50 kali Vitamin B2 yang terkandung dalam Sardines,
    50 kali Vitamin B3 yang terkandung dalam Kacang,
    4 kali Vitamin E yang terkandung dalam Minyak Jagung,
    4 kali Vitamin B1 yang terkandung dalam daging babi.

Tahun 2006, Wiley InterScience mempublikasikan artikel berjudul “Moringa oleifera: A Food Plant with Multiple Medicinal Uses”.  Artikel tersebut merupakan ulasan tentang penggunaan bagian-bagian tanaman Kelor sebagai obat penyembuh.  Disebutkan, berbagai bagian dari tanaman Kelor berisi mineral penting dan merupakan sumber protein yang baik, vitamin, β-karoten, asam amino fenolat dan berbagai asam amino essensial lainnya. Kelor menyediakan kombinasi yang kaya dan langka dari zeatin, quercetin, β – sitosterol, caffeoylquinic asam dan kaempferol.Selain memiliki kekuatan sebagai pemurni air yang efektif dan nilai gizi yang tinggi,

Kelor sangat penting untuk pengobatan alami. Berbagai bagian dari tanaman Kelor seperti daun, akar, biji, kulit kayu, buah, bunga dan polong dewasa, bertindak sebagai  stimulan jantung dan peredaran darah, memiliki anti-tumor, anti-piretik, anti-epilepsi, anti-inflamasi, anti-ulcer, anti-spasmodic, diuretik, anti-hipertensi, menurunkan kolesterol, anti-oksidan, anti-diabetik, kegiatan hepatoprotektif, anti-bakteri dan anti-jamur. Saat ini Kelor sedang diteliti untuk digunakan dalam pengobatan penyakit yang berbeda dalam sistem kedokteran, khususnya di Asia Selatan.

PRODUK
  • Kelorina Kapsul
  • Serbuk Daun Kelor
  • Moringa Green Tea
  • Kezai Olive Oil

  • CARA ORDER
  • Cara Order Produk
  • NUTRISI KELOR
  • Kandungan Nutrisi Kelor
  • Senyawa Lainnya
  • 100 Senyawa Aktif
  • ASAM AMINO
  • Asam Amino Kelor
  • Asam Amino Esensial
  • Asam Amino Non Esensial
  • VITAMIN
  • Vitamin dan Kelor
  • Kand. Vit. Kelor Bag-1
  • Kand. Vit. Kelor Bag-2
  • Mineral

     
    .